Pengaruh Musik – Uda Rulli

Musik merupakan satu bentuk kesenian yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi sisi personal manusia, bersifat universal – mampu dinikmati beragam kalangan usia, status, latar belakang budaya, dsb. Kekuatan musik mampu menembus batas ruang dan waktu.

Itulah musik yang juga mempunyai pengaruh yang luar biasa, salah satunya kalau kita membiasakan belajar musik sejak kecil maka kita akan memperoleh stimulasi yang seimbang antara otak kiri dan otak kanan dan jika kita mampu menggunakan fungsi kedua belah otak secara seimbang maka setelah kita dewasa kita akan menjadi manusia yang berfikir logis, cerdas, kreatif, dan jujur dan tajam perasaannya.

Contoh lain pengaruh musik adalah meningkatkan “ KECERDASAN EMOSIONAL “, Sternberg dan Salovery (1997) mengemukakan bahwa kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali emosi diri, yang merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali perasaannya sendiri sewaktu perasaan atau emosi itu muncul, dan ia mampu mengenali emosinya sendiri apabila ia memiliki kepekaan yang tinggi atas perasaan mereka yang sesungguhnya dan kemudian mengambil keputusan-keputusan secara mantap.

Kemampuan mengelola emosi merupakan kemampuan seseorang untuk mengendalikan perasaannya sendiri sehingga tidak meledak dan akhirnya dapat mempengaruhi perilakunya secara wajar. Misalnya seseorang yang sedang marah maka kemarahan itu tetap dapat dikendalikan secara baik tanpa harus menimbulkan akibat yang akhirnya disesali di kemudian hari.
Kepekaan akan rasa indah timbul melalui pengalaman yang dapat diperoleh dari menghayati musik. Kepekaan adalah unsur yang penting guna mengerahkan kepribadian dan meningkatkan kualitas hidup.

Seseorang memiliki kepekaan yang tinggi atas perasaan mereka maka ia akan dapat mengambil keputusan-keputusan secara mantap dan membentuk kepribadian yang tangguh.

Tapi kita juga harus hati-hati dan selektif dalam mendengarkan musik karena tidak semua musik berdampak positif, ada juga yang berdampak negatif walaupun sebenarnya tidak ada musik itu yang jelek karena semua tergantung selera masing masing pendengarnya. Menurut pengamatan saya musik yang berdampak positif adalah musik klasik dan semua jenis musik instrumental, dan musik yang menggunakan syair tentang kehidupan, harapan,dan cinta yang universal, sedangkan musik yang berdampak negatif adalah musik yang menggunakan syair tentang keputusasaan, patah hati, selingkuh dan sesuatu yang membuat manusia “menjadi cengeng”,tapi seperti yang saya katakan sebelumnya semua tergantung selera masing masing.

By: Rulli Asifariko – Head Academic MSI

Advertisements

About msischoolweb

Music School of Indonesia

Posted on January 4, 2016, in Sekilas Musik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: